Sabtu, 03 September 2016

tugas pak iman kelas xi tkr

SOAL UAS GENAP POWER TRAIN M. IMANUDIN KELAS XI (1,2,3) 1. Urutan kerja clutch cover tipe coil spring saat pedal ditekan adalah : A. release fork --> release bearing --> release lever --> pressure plate --> cluth disc B. release fork --> pressure spring --> pressure plate --> release bearing --> clutch disc C. release fork --> release bearing --> pressure spring --> pressure plate --> clutch disc D. release fork --> presure plate --> release bearing --> pressure spring --> clutch disc E. release bearing --> release fork --> pressure plate -->pressure spring --> clutch disc 2. Urutan kerja clutch cover tipe diapragma spring saat pedal ditekan adalah : A. release fork --> release bearing --> diapragma spring --> pressure plate --> clutch disc B. release fork --> diapragma spring --> release bearing -->pressure plate --> clutch disc C. release fork --> pressure plat --> diapragma spring --> release bearing --> clutch disc D. release fork --> diapragma spring --> pressure plate --> release bearing --> clutch disc E. pressure plate --> release bearing --> diapragma spring --> release fork --> clutch disc 3. Clutch hub berfungsi untuk ….. A. media gesek roda gila B. meredam getaran saat kopling terhubung dengan roda gila C. bagian yang berkaitan dengan poros input transmisi D. tempat menampung kotoran dan debu pada plat kopling E. tempat untuk mengukur ketebalan kanvas kopling 4. Kegunaan dari kebebasan garpu pembebas adalah ….. A. agar bantalan tekan tidak berhubungan dengan pegas diafragma pada saat pedal kopling bebas B. agar posisi piston master silinder kembali sampai batas ring penahan saat pedal bebas C. agar pegas diagfragma tidak patah / bengkok D. agar kanvas tidak cepat aus E. semua salah 5. Pada kendaraan matic, Beat, mio, vario dan sejenisnya menggunakan jenis kopling ….. A. sentrifugal C. plat tunggal E. otomatis B. fluida D. tidak memiliki kopling 6. Komponen kopling yang berfungsi untuk menekan plat kopling adalah ..… A. bantalan pembebas C. silinder pembebas E. garpu pembebas B. pegas diagfragma D. pressure plate 7. Jarak kebebasan release fork merupakan ….. A. Jarak mulai dari release cylinder sampai release bearing menekan clutch disc B. jarak mulai dari push-rod release cylinder bergerak sampai release bearing menyentuh diaphragm spring atau pressure lever C. jarak mulai dari release fork bergerak sampai menyentuh dan menekan release bearing serta menghimpit clutch disc D. jarak mulai dari release fork bergeser menyentuh diaphragm spring dan menekan clutch disc E. jarak mulai dari release fork menekan pressure plate 8. Berdasarkan kondisi kerja kopling, jenis kopling dimana bagian dalamnya terendam oleh oli yang terdapat dalam crank case merupakan jenis kopling ….. A. dry clutch E. otomatic B. centrifugal C. wet clutch D. reduction 9. Plat kopling harus memenuhi pesyaratan sebagai berikut, kecuali ….. A. tahan terhadap panas B. dapat menyerap panas dan membersihkan diri C. tahan terhadap gesekan D. dapat mencengkeram dengan baik E. dapat meredam dengan lembut 10. Gambar di bawah ini komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dari sistem hidrolis ditunjukkan pada nomor ….. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 11. Komponen yang ditunjukkan pada nomor 2, 3, 4 dan 6 adalah ….. A. master cylinder, release cylinder, push rod, release lever B. master cylinder, release cylinder, pressure plate, release lever C. master cylinder, release cylinder, release lever, pressure plate D. master cylinder, release cylinder, release lever, clutch disc E. master cylinder, release cylinder, pressure plate, clutch disc 12. Bagian dari plat kopling yang berfungsi sebagai tempat perkaitan unit plat kopling dengan input shaft transmisi yang memungkinkan unit plat kopling dapat bergerak sedikit maju dan mundur adalah ….. A. torsion damper C. clutch hub E. facing B. cushion plate D. rivet 13. Bagian dari plat kopling yang berfungsi untuk memperbesar gesekan sehingga effisiensi pemindahan tenaga dan daya mesin optimal adalah ….. A. torsion damper C. clutch hub E. facing B. cushion plate D. rivet 14. Komponen kopling yang berfungsi untuk merubah energi hidrolis menjadi mekanis adalah… A. Bantalan pembebas C. Garpu pembebas B. Silinder pembebas E. Pegas diagfragma C. Pressure plate 15. Salah satu bagian dari sistem hidrolis yang merupakan suatu pompa pembangkit tekanan yang di operasionalkan dengan tenaga mekanik injakan kaki adalah ….. A. clucth pedal C. release cylinder E. release fork B. release bearing D. master cylinder 16. hub dan shifting key ditunjukkan pada nomor …… A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 2 dan 3 E. 3 dan 2 17. Lihat gambar dibawah, untuk kearah mundur pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan, maka untuk menghitung gear rationya adalah …. A. D. B. E. C. 18. Perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan disambung adalah ….. A. syncronmesh C. constant mesh E. driven gear B. sliding mesh D. driving gear 19. Jika diketahui jumlah pada roda gigi A, B, C, D masing-masing adalah 25 teeth, 40 teeth, 20 teeth, 45 teeth, bila putaran input shaft 3600 rpm, maka putaran out put shaft pada masing-masing gigi dalam transmisi dengan 4 gigi adalah ...... A. 2000 rpm C. 1300 rpm E. 500 rpm B. 1500 rpm D. 1000 rpm 20. Komponen yang menerima moment output dari unit kopling adalah …. A. Output shaft C. Synchromesh E. Shift Fork B. Input shaft D. Transmission gear 21. Untuk menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan dengan …… A. counter gear C. final gear E. helical gear B. idle gear D. shaft gear 22. Komponen transmisi yang meneruskan putaran dari transmisi menuju poros propeller adalah …. A. Output shaft C. Synchromesh E. Shift Fork B. Input shaft D. Transmission gear 23. Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, kecuali …… A. merubah momen B. merubah kecepatan kendaraan C. memungkinkan kendaraan bergerak mundur D. memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral ) E. memungkinkan kendaran dapat parker di tempat yang aman 24. Jika syncronmesh A digerakkan ke kiri, maka transmisi dalam posisi …… A. Netral B. Gigi 1 C. Gigi 2 D. Gigi 3 E. Gigi 4 25. Jika syncronmesh B digerakkan ke kiri, maka transmisi dalam posisi …… A. Netral B. Gigi 1 C. Gigi 2 D. Gigi 3 E. Gigi 4 26. Di bawah ini merupakan jenis roda gigi yang digunakan dalam transmisi, kecuali ….. A. spur C. helical E. spiral B. epyclic D. double helycal 27. Konsep dasar kerja transmisi adalah menggunakan konsep perbandingan ….. A. gaya C. momen E. gesekan B. tekanan D. rasio 28. Penggunaan jenis oli pada transmisi pada umumnya ditentukan oleh ….. A. pemilik mobil C. teknisi E. viskositas SAE B. workshop manual D. kebijakan bengkel 29. Pada gambar di bawah ini merupakan jenis transmisi yang menggunakan mekanisme pengoperasian ….. A. direct control type B. indirect control type C. column shift type D. remote control type E. automatic type 30. Lihat gambar di bawah, jika roda gigi geser dihubungkan dengan roda gigi H maka roda gigi A-D dan G-H-C berhubungan. Hal itu akan mengakibatan transmisi bekerja dalam keadaan ….. A. gigi 4 B. gigi 3 C. gigi 2 D. gigi 1 E. mundur SOAL ESSAY UAS 1. Suzuki carry 1.6 Real va memiliki spesifikasi sebagai berikut : tipe transmisi 5 kecepatan maju 1 mundur. Putaran poros input (n1) : 5000 Rpm Z1 = 25 Z6 = 42 Z11 = 45 Z2 = 40 Z7 =36 Z12 = 24 Z3 = 20 Z8 = 35 Z13 = 18 Z4 = 45 Z9 = 25 Z14 = 20 Z5 = 32 Z10 = 40 Hitunglah masing – masing putaran gigi...?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar